g

Minggu, 03 Juli 2011

Cara Memilih Profesi yang Tepat

MEMILIH profesi yang akan dijalani merupakan keputusan sulit yang harus dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa. Apalagi, setelah kamu memilih suatu profesi, kemungkinan besar kamu akan menggeluti bidang itu hingga pensiun. Karena itu, kamu harus banyak berpikir sebelum membuat keputusan.

Saat kuliah, kamu akan belajar mata kuliah yang spesifik. Sebaiknya, pilih profesi sebelum menjalani masa awal kuliah. Lantas, bagaimana jika kamu masih ragu dan belum dapat pilihan yang sesuai kata hati? Berikut tips yang bisa dipertimbangkan sebelum kamu membuat keputusan seperti dikutip dari Campusgrotto, Selasa (21/6/2011).

Pertimbangkan hobi
Kamu bisa menjadi karyawan yang unggul dan memiliki karier yang cemerlang jika benar-benar menikmati apa yang kamu kerjakan. Jika kamu suka membaca atau menulis, kamu bisa memilih berkarier menjadi wartawan, penulis atau guru. Jika suka menghitung, kamu bisa mempertimbangkan bidang akuntansi atau matematika. Hal terbaik adalah pilihlah karier yang dekat dengan hobi dan tentunya, sangat kamu sukai.

Pertimbangkan peluang kerja
Lakukan pencarian dengan mesin pencari Google untuk mengetahui profesi apa yang akan terus dicari selama lima tahun mendatang. Atau cari profesi yang bisa hilang atau berkurang karena teknologi. Permintaan pekerja di bidang teknologi dan komputer sedang meningkat sama seperti permintaan pekerja perawat dan dokter. Lakukan penelitianmu dan lihat apakah karier yang sedang kamu pertimbangkan akan ‘beredar’ sementara waktu.

Ikuti tes kemampuan diri
Mungkin kamu meminati banyak hal dan telah mempertimbangkan profesi di bidang hukum dan pendidikan. Jika kamu ingin mempersempit pilihan, maka kamu harus mempertimbangkan tes penilaian diri.

Kamu bisa mengikuti tes secara online atau mengikuti tes di lembaga kepribadian atau pencari kerja. Tes ini akan mengajukan pertanyaan beragam mulai dari kegiatan favorit hingga pertanyaan tentang kepribadianmu. Hasil tes akan membantu kamu mengetahui profesi mana yang paling cocok dan profesi yang harus kamu tinggalkan. Tes seperti ini membantu kamu mempersempit pilihan dan mungkin mengarahkanmu ke jalan yang benar.
okezone.com
Ikuti job fair
Hadiri job fair yang ada di kotamu. Saat hadir, gunakan waktumu untuk bertanya dengan perwakilan perusahaan yang ada mengenai posisi yang ditawarkan. Tanyakan kualifikasi perusahaan untuk pencari kerja dan skala gajinya. Tanyakan juga soal lapangan pekerjaan yang ada sehingga kamu dapat menilai mana yang terbaik untuk karier kamu.

0 komentar:

Posting Komentar