g

Kamis, 28 Juli 2011

sybil

UlasanUlasanUlasanUlasanSYBIL | Film Kisah Nyata 1 Perempuan dengan 16 KepribadianJan 4, '11 11:04 AM
untuk semuanya
Kategori:Film
Jenisdrama

Para penggila buku pasti pernah baca buku 'Sybil', perempuan dengan 16 kepribadian yang ditulis oleh Flora Rheta Schreiber (1918 – 1988), mantan wartawan asal Amerika yang jadi penulis buku laris 'Sybil'.

Kisah nyata ini diambil dari tokoh bernama Shirley Ardell Mason (1923 – 1998), wanita asal Dodge Center, Minnesota, Amerika yang masa kecilnya mengalami penyiksaan berat oleh ibu kandungnya sendiri, Martha Alice Hageman dalam sebuah lingkungan keluarga ortodoks.

Sang ibu berbuat begitu karena menginginkan anaknya tumbuh kuat dan berdisiplin, setiap melakukan kesalahan Shirley disiksa oleh ibunya hingga ketika besar tumbuh menjadi pribadi yang tercerai-berai, bayangan masa lalunya membuat Shirley mengalami Multiply Personality Disorder di kehidupan dewasanya.

Flora Rheta Schreiber menulis kisah nyata Shirley Ardell Mason dengan mengganti namanya menjadi Sybil, ini untuk pertimbangan masalah etika, di mana dalam buku tersebut Shirley yang ditangani oleh dokter kejiwaan bernama Cornelia B. Wilbur memang seperti itu dalam kenyataannya, persis seperti yang tercatat dalam buku berwujud novel biografi.

Buku yang diterbitkan pertama kali tahun 1973, laris manis di pasaran hingga diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Di Indonesia buku ini agak terlambat diterjemahkan karena baru muncul tahun 1987, diterjemahkan oleh Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono, dosen yang juga mantan dekan Fakultas Psikologi UI, diterbitkan oleh penerbit Sinar Harapan.

Dari buku merangsek ke film. Di Amerika ketika buku ini jadi best seller, di tahun 1976 dibikin film televisinya untuk NBC dengan judul yang sama, diperankan Sally Field sebagai Sybil, dan Joanne Woodward sebagai Dr. Wilbur.

Di tahun 1977 film Sybil mendapat 4 penghargaan Emmy Awards untuk kategori:
  • Outstanding Lead Actress (Sally Field as Sybil) in a Drama or Comedy Special
  • Outstanding Achievement in Music Composition for a Special (Dramatic Underscore)
  • Outstanding Special - Drama or Comedy
  • Outstanding Writing in a Special Program - Drama or Comedy - Adaptation
Ya, ini memang film lama, film tahun 1976 tapi cerita unik tentang Multiply Personality Disorder atau Dissociative Identity Disorder selalu menarik dan akan ada di setiap jaman.

Dalam buku dan film berdasarkan kisah nyatanya Shirley Ardell Mason, Sybil memecah kepribadian dalam dirinya menjadi 16 karakter, yakni:
  1. Sybil Isabel Dorsett (1923), sebagai karakter utama.
  2. Victoria Antoinette Scharleau (1926), dijuluki Vicky, memiliki karakter percaya diri dan elegan.
  3. Peggy Lou Baldwin (1926), memiliki karakter tegas, antusias, namun pemarah.
  4. Peggy Ann Baldwin (1926), rekan dari Peggy Lou tetapi lebih penakut dan tidak tegas, bentukan kembaran karakter dari Peggy Lou, karenanya bernama Peggy Ann.
  5. Mary Lucinda Saunders Dorsett (1933), memiliki karakter yang senang tinggal di rumah, perenung dan kontemplatif.
  6. Marcia Lynn Dorsett (1927), seorang penulis dan pelukis yang sangat emosional.
  7. Vanessa Gail Dorsett (1935) memiliki intensitas karakter yang sangat dramatis
  8. Mike Dorsett (1928), satu dari dua sisi diri Sybil yang laki-laki, seorang tukang bangunan dan tukang kayu.
  9. Sid Dorsett (1928), karakter kedua dari dua sisi Sybil yang laki-laki, seorang tukang kayu dan pengrajin.
  10. Nancy Lou Ann Baldwin (waktu pembentukan karakternya tidak diketahui), karakter yang tertarik dalam bidang politik sebagai bentukan dari keyakinannya akan kepercayaan Katolik Roma.
  11. Sybil Ann Dorsett (1928), memiliki karakter yang lemah dalam titik neurasthenia (gangguan psikologis yang ditandai dengan kelelahan kronis dan kelemahan, kehilangan memori, dan sakit umum dan nyeri, sebelumnya diperkirakan akibat dari kelelahan sistem saraf)
  12. Ruthie Dorsett (waktu pembentukan karakternya tidak diketahui), memiliki karakter bayi dari salah satu dirinya yang kurang berkembang
  13. Clara Dorsett (waktu pembentukan karakternya tidak diketahui), memiliki karakter sangat religius dan sangat kritis
  14. Helen Dorsett (1929), memiliki karakter yang sangat penakut tapi selalu berusaha untuk maju.
  15. Marjorie Dorsett (1928), memiliki karakter yang tenang, periang, dan senang tertawa
  16. The Blonde (1946), seorang remaja abadi tanpa nama dengan pandangan hidup yang selalu optimis.
Tak perlu bingung bila Sybil punya 16 kepribadian yang bertentangan dan bertolak belakang satu sama lain, William Stanley Milligan (1955 – sekarang) atau yang lebih dikenal dengan nama Billy Milligan malah memiliki 24 kepribadian.

Bila karakter kepribadian Sybil tidak terlalu membahayakan orang lain hanya terlihat aneh saja di mata orang normal, karakter Billy justru sangat berbahaya bagi orang lain. Tahun 1975 ia diadili di pengadilan distrik Ohio karena melakukan banyak tindakan pidana berat seperti perampokan bersenjata dan kasus 3 pemerkosaan di Ohio State University. Selama dalam persidangan, ia diperiksa oleh dokter kejiwaan Dr Willis C. Driscoll dan dinyatakan bebas bersyarat karena menderita Multiply Personality Disorder.

Kisah nyata Billy juga diangkat jadi buku berjudul 'The Minds of Billy Milligan', terbit tahun 1988, ditulis oleh Daniels Keyes dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Di Indonesia agak terlambat beredar, diterjemahkan oleh Miriasti dan Meda Satrio, terbit dalam judul '24 Wajah Billy' oleh penerbit Qanita tahun 1995. Buku yang lumayan tebal, 700 halaman.

Untuk temen-temen yang penasaran seperti apa film Sybil, perempuan dengan 16 kepribadian, film produksi tahun 1976 yang meski lawas tapi tetap menarik untuk ditonton, berikut ada link-nya yang bisa diunduh gratis. Film bagus sayang-sayang bila dilewatkan.

http://www.megaupload.com/?d=UOSJOA0D
http://www.megaupload.com/?d=CON1MK2A
http://www.megaupload.com/?d=WQWOQ8AS
http://www.megaupload.com/?d=UTK6JGGI
http://www.megaupload.com/?d=31PYM4SD
http://www.megaupload.com/?d=OWZVY42W
http://www.megaupload.com/?d=X67FIYSH

Total besar file 2.14 GB, masing-masing file unduhan besarnya 305 MB. Jangan lupa, setelah semuanya selesai diunduh, digabung dengan program HJSplit, programnya yang bisa diunduh di link ini.

http://hjsplit.en.softonic.com/download

HJSplit penggabungnya, program yang kecil ukuran filenya sekitar 500 KB aja dan yang paling penting program ini gratis...
sumber luqmanhakim.com

0 komentar:

Posting Komentar